Bang Zul akan Perjuangkan Dua Infrastruktur Pendukung MotoGP

0
33

Mataram – Anggaran untuk pembangunan dua ruas jalan infrastruktur pendukung MotoGP Mandalika belum jelas. Untuk itu, Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, SE, M.Sc, yang akrab disapa Bang Zul, akan berbicara khusus dengan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

Dua infrastruktur pendukung MotoGP tersebut adalah pembangunan jalan dua jalur sepanjang 5,4 Km di dekat Sirkuit MotoGP Mandalika. Kemudian peningkatan jalan dari Pelabuhan Gili Mas menuju Pelabuhan Lembar sepanjang 7,5 Km.

‘’Kemarin, kita sudah rapat dengan Kemenko Marves. Pak Gubernur akan bicara khusus dengan Menteri PUPR,’’ ujar Kepala Dinas PUPR NTB, H. Sahdan, S.T., M.T., dikonfirmasi Suara NTB, Senin (25/1) kemarin.

Ruas jalan Lembar – Pelabuhan Gili Mas yang diusulkan dilebarkan sepanjang 7,5 Km dengan kebutuhan anggaran sekitar Rp55 miliar. Sedangkan jalan dua jalur dari Bundaran Kuta – Bypass KEK Mandalika sepanjang 5,2 Km dengan kebutuhan anggaran sekitar Rp141 miliar.

Sehingga total kebutuhan anggaran untuk pelebaran jalan provinsi tersebut sekitar Rp196 miliar. Untuk akses jalan dari Pelabuhan Lembar – Pelabuhan Gili Mas direncanakan akan dilebarkan menjadi 7 – 9 meter.

Sahdan mengaku tetap optimis pembangunan infrastruktur MotoGP Mandalika tersebut akan bisa dikejar. Sekarang, Pemprov sedang berupaya agar dapat dukungan anggaran dari Pemerintah Pusat.

Selain itu, ada juga infrastruktur pendukung MotoGP yang mulai dibangun tahun ini. Yaitu, proyek Sistem Perpipaan Air Minum (SPAM) Mandalika. Di mana, sumber air bakunya berasal dari Bendungan Pengga Lombok Tengah.

Sahdan menjelaskan, untuk pembangunan SPAM Mandalika dikerjakan dua balai di bawah Kementerian PUPR. Yaitu Balai Wilayah Sungai (BWS) Nusa Tenggara I dan Balai Penyediaan Perumahan Wilayah (BPPPW) Nusa Tenggara I.

Dari Pengga ke Tanaq Awu dikerjakan oleh BWS. Sedangkan dari Tanaq Awu ke Mandalika sampai KM 11 Pengengat, yaitu tempat pengolahan air bakunya dikerjakan oleh BPPPW. (Sumber: Nas/Suara NTB)

Jalan dari pintu masuk Pelabuhan Lembar menuju Pelabuhan Gili Mas yang direncanakan untuk dilebarkan sebagai salah satu infrastruktur pendukung MotoGP Mandalika 2021. (Sumber: Suara NTB)